Biarkan Masa Depan Datang Sendiri

Diposting oleh vic kun 4.19.2009

Telah pasti datangnya ketetapan Allah, maka janganlah kamu meminta agar disegerakan (datang)nya. (QS. An-Nahl: 1)

Akhir-akhir ini banyak berkembang isu tentang kiamat 2012 yang berdasarkan ramalan suku maya. Untuk itu, kita perlu merenungkan hikmah apa yang dapat kita ambil dari semua itu.

Jangan pernah mendahului sesuatu yang belum terjadi! Apakah Anda mau mengeluarkan kandungan sebelum waktunya dilahirkan, atau memetik buah-buahan sebelum masak? Hari esok adalah sesuatu yang belum nyata dan dapat diraba, belum berwujud, dan tidak memiliki rasa dan warna. Jika demikian, mengapa kita harus menyibukkan diri dengan hari esok, mencemaskan kesialan-kesialan yang mungkin akan terjadi padanya, memikirkan kejadian-kejadian yang akan menimpanya, dan meramalkan bencana-bencana yang bakal ada di dalamnya? Bukankah kita juga tidak tahu apakah kita akan bertemu dengannya atau tidak, dan apakah hari esok kita itu akan berwujud kesenangan atau kesedihan?

Yang jelas, hari esok masih ada dalam alam gaib dan belum turun ke bumi. Maka, tidak sepantasnya kita menyeberangi sebuah jembatan sebelum sampai di atasnya. Sebab, siapa yang tahu bahwa kita akan sampai atau tidak pada jembatan itu. Bisa jadi kita akan terhenti jalan kita sebelum sampai ke jembatan itu, atau mungkin pula jembatan itu hanyut terbawa arus terlebih dahulu sebelum kita sampai di atasnya. Dan bisa jadi pula, kita akan sampai pada jembatan itu dan kemudian menyeberanginya. Dalam syariat, memberi kesempatan kepada pikiran untuk memikirkan masa depan dan membuka-buka alam gaib, dan kemudian terhanyut dalam kecemasan-kecemasan yang baru di duga darinya, adalah sesuatu yang tidak dibenarkan. Pasalnya, hal itu termasuk thulul amal (angan-angan yang terlalu jauh).

Secara nalar, tindakan itu pun tak masuk akal, karena sama halnya dengan berusaha perang melawan bayang-bayang. Namun ironis, kebanyakan manusia di dunia ini justru banyak yang termakan oleh ramalan-ramalan tentang kelaparan, kemiskinan, wabah penyakit dan krisis ekonomi yang kabarnya akan menimpa mereka. Padahal, semua itu hanyalah bagian dari kurikulum yang diajarkan di "sekolah-sekolah setan".

Mereka yang menangis sedih menatap masa depan adalah yang menyangka diri mereka akan hidup kelaparan, menderita sakit selama setahun, dan memperkirakan umur dunia ini tinggal seratus tahun lagi. Padahal, orang yang sadar bahwa usia hidupnya berada di 'genggaman yang lain' tentu tidak akan menggadaikannya untuk sesuatu yang tidak ada. Dan orang yang tidak tahu kapan akan mati, tentu salah besar bila justru menyibukkan diri dengan sesuatu yang belum ada dan tak berwujud. Biarkan hari esok itu datang dengan sendirinya. Jangan pernah menanyakan kabar beritanya, dan jangan pula pernah menanti serangan petakanya. Sebab, hari ini Anda sudah sangat sibuk.

Jika Anda heran, maka lebih mengherankan lagi orang-orang yang berani menebus kesedihan suatu masa yang belum tentu matahari terbit di dalamnya dengan bersedih pada hari ini. Oleh karena itu, hindarilah angan-angan yang berlebihan.

26 komentar
  1. terimakasih renungannya,menyentuh. Biarkan hari esok itu datang dengan sendirinya. Jangan pernah menanyakan kabar beritanya, dan jangan pula pernah menanti serangan petakanya. Sebab, hari ini Anda sudah sangat sibuk. bener banget sob.semoga kita dapat mengisi hari2 dengan hal2 berguna dan bermanfaat dan kelak dicatat Allah sebagai tambahan kebaikan buat kita ya....
    btw, hurufnya jgn warna gelap nih,sakit mata bacanya...hehe...

    Posted on 19 April 2009 20.01

     
  2. ::x:: Said,

    betul brooo..
    gag da yang tau masa depan.... jodoh.. rizki...
    apalagi yang namnya kiamat itu sudah menjadi Rahasia Allah....

    Posted on 20 April 2009 04.07

     
  3. adiwid Said,

    mantap sob,
    benar sekali,
    mencemaskan masa depan, rasa khawatir, takut, dsb hanyalah sifat ego yg dpt mengaburkan iman, membuat kita seolah2 tidak percaya Tuhan..

    Posted on 20 April 2009 20.30

     
  4. kun Said,

    @ all:...thanks sob atas apresiasinya...
    @ donalduck : hehe sob...nti q ganti eh warnanya...

    Posted on 20 April 2009 20.43

     
  5. jangan mendahului takdir..
    OK..=D

    Posted on 20 April 2009 21.46

     
  6. Anonim Said,

    Setuju!

    Posted on 21 April 2009 20.27

     
  7. jerova Said,

    setuju bos...
    mantabb deh

    Posted on 22 April 2009 22.26

     
  8. tHe*way Said,

    nice posting...
    sedetik kemudian adalah misteri..
    =)

    Posted on 24 April 2009 20.35

     
  9. mantap dahhh!
    saya sependapat dengan postingan ini.
    & salam kenal

    Posted on 24 April 2009 22.27

     
  10. Masa Depan adalah masa yang akan terus akan kita cari dan cari hingga kematian datang.

    Posted on 25 April 2009 05.55

     
  11. Risti Said,

    * Jangan pernah mendahului sesuatu yang belum terjadi! *

    aku stuju ama yang ini maka dari itu aku ngga pernah percaya ama yang namanya paranormal dan sejenisnya yang bisa menggelincirkan iman kita menjadi musyrik.

    Posted on 25 April 2009 10.12

     
  12. aq stju dengan postingan mu

    Posted on 28 April 2009 00.42

     
  13. anak nelayan Said,

    setuju banget nih
    biarkan mengalir laksana air

    Posted on 30 April 2009 21.44

     
  14. Lina Said,

    Yup,
    yang perlu kita lakuin sekarang adalah banyak2 berbuat baik.

    Posted on 3 Mei 2009 23.49

     
  15. angga Said,

    Kita tidak bisa menebak apa yang akan terjadi di masa depan. Semua sudah ada yang ngatur. Jangan cemas dengan masa depan, teruslah berusaha dan berdoa ^_^

    Posted on 5 Mei 2009 13.51

     
  16. Kautsar blog Said,

    benar sob
    pokoknya kita harus mempertahankan rasa
    cinta kita terhadap allah

    Posted on 15 Mei 2009 00.09

     
  17. aRe_enD_bEE Said,

    yang penting selalu ingetlah bahwa mngkin besok kita akan mati,shngga kt takut untuk berbuat yg g bener,dsty...xixixixi

    Posted on 27 Mei 2009 20.48

     
  18. AD1N Said,

    Sebagai muslim harus percaya pada Qada & Qadar.... keep share :)

    Posted on 28 Agustus 2009 11.46

     
  19. Yang saya tahu, bahwa tidak ada yang bisa meramalkan kapan datangnya kiamat....

    Posted on 7 September 2009 01.40

     
  20. Posted on 5 Mei 2010 21.26

     
  21. thx nice info gan

    Posted on 7 April 2011 18.11

     
  22. Tidak usah meramal, karena semua ada taqdirnya

    Posted on 3 April 2013 04.09

     
  23. smk n btkl Said,

    terimakasih banyak atas informasinya sangat bermanfaat

    Posted on 18 Juli 2013 20.09

     
  24. mantap

    Posted on 6 Agustus 2013 18.06

     
  25. berpikir positif dengan masa depan itu lebih baik...bagaimana menurut anda sob?

    Posted on 10 Agustus 2013 16.27

     
  26. nice info sob...nambah nambah pengetahuan.
    lanjutkan gan

    Posted on 11 Oktober 2013 07.53

     

Posting Komentar

Kategori