Mungkinkah Melawan Gravitasi ???

Diposting oleh vic kun 3.06.2009

Dah lama neh gak posting...pada kangen yach??? (pede banget ^,^) yups, kali ini vkun coba membahas masalah "efek levitasi". Tahu gak itu apa?? (sok tahu neh...) efek levitasi bisa diartiin sebagai efek melawan gravitasi (beneran???...>,<) jadi efek tersebut membuat benda dapat melayang tanpa bantuan alat apapun.Tertarik...monggo lanjut...


Sejak ditemukan benda "ajaib" superkonduktor rupanya terus membuat orang terheran-heran. Sebuah keanehan kembali diperlihatkannya: dia bisa menggantung tanpa tali di bawah batang logam bermagnet. Gimana caranya? neh vkun kasih tahu...

Sebuah lempengan keramik dibenamkan pada cawan berisi helium cair. Pada temperatur di bawah minus 200 derajat Celsius (keramik dari campuran bahan mineral yttrium, barium, dan oksida tembaga-vkun) berubah menjadi penghantar listrik bebas hambatan. Kemudian celupkan sebatang besi magnet ke dalam cawan yang berisi helium tadi. Ujung magnet didekatkan pada lempengan keramik, lantas diangkatnya perlahan-lahan.

Apa yang terjadi? Ternyata, keramik superkonduktor itu ikut terangkat mengikuti gerakan besi magnet. Pengaruh medan magnet itu rupanya tak terbatas di saat keramik ini berada dalam helium cair. Untuk beberapa lama, keramik itu masih tetap "bergantung" di bawah ujung besi magnet, sampai beberapa senti di atas permukaan helium, sebelum jatuh kembali ke dalam cawan. loch..katanya bisa melayang??? sabar bro...lanjut yoo..

Gejala dari percobaan tersebut dinamakan efek suspensi. Ketika gejala unik itu mulai tersebar, banyak fisikawan yang tak percaya, atau menerimanya dengan ragu-ragu. ya iyalah...vkun juga ^,^
Nah, trus kita kan mo bahas levitasi? bukan suspensi!!! tenang bro... mo ngopi anget dulu...

Lanjut bro...ternyata superkonduktor diketahui bisa memperlihatkan gejala unik yang lain yang disebut "efek levitasi". Seperti halnya pada gejala suspensi, efek levitasi itu juga muncul berkat pengaruh medan magnet. Boleh dikatakan, gejala levitasi itu merupakan kebalikan dari efek suspensi. Gejala levitasi ini terlihat di saat besi magnet didekatkan secara perlahan ke pada ujung batang superkonduktor, dari atas ke bawah. Pada jarak tertentu, superkonduktor boleh dilepas dari penjepitnya. Apa yang terjadi??? Besi magnet itu akan mengambang di udara, tidak jatuh ke bawah, terpental ke atas pun juga tak mau.

Gejala aneh itu hingga kini belum dapat dijelaskan secara tuntas hubungan sebab akibatnya. Namun, efek levitasi itu sudah dipraktekkan secara luas. Kereta api cepat MLU-001, di Jepang, yang bisa melaju di atas 450 km/per jam, telah mengadopsi teknologi itu. Roda kereta yang bermedan magnet melayang di atas rel yang dipasangi superkonduktor.

trus kenapa bisa begitu? bukannya dalam berbagai percobaan, jika dua magnet itu didekatkan, hanya ada dua kemungkinan, saling merekat, atau saling menolak!!!

Secara teoretis gejala suspensi itu bisa saja timbul pada dua batang magnet permanen. Hanya saja posisi magnet yang hendak digantungkan pada magnet lain mesti persis betul. Keduanya harus dari kutub yang berbeda, satu plus yang lain minus. Lantas, kekuatan kedua magnet itu mesti pas benar, agar diperoleh interaksi yang sempurna. Bila syarat itu terpenuhi, niscaya akan tercapai keseimbangan antara gaya tarik di antara keduanya dan gaya gravitasi.masalahnya, hal tersebut sulit karena keseimbangan tadi sangat peka. Celakanya, dengan robot sekalipun, posisi yang pas itu sulit tercapai. loch,,,trus gimana donk?

Ganjalan itu tak terjadi pada hubungan magnet dan superkonduktor. Bila batang magnet didekatkan, superkonduktor kontan akan terinduksi, sehingga punya kekuatan magnet dengan kutub yang sama. Jadi, kalau yang didekatkan adalah kutub positif, maka hasil induksinya pun medan positif. Namun, bila gerak batang magnet itu tiba-tiba menjauh, kontan akan terjadi perubahan pada gaya magnet superkonduktor tadi: dari positif ke negatif, atau sebaliknya. Keunikan inilah yang memungkinkan superkonduktor menggantung tanpa tali pada ujung batang magnet.

Yang aneh, bila superkonduktor itu bergerak mendekat -lantaran gaya tarik keduanya lebih besar ketimbang gravitasi- medan magnetnya akan mengecil sehingga dia tak terangkat dan menempel. Sebaliknya, bila dia bergerak menjauh, medan magnetnya menguat, sehingga dia akan terangkat. Keseimbangan jarak akan tercapai dengan sendirinya. Ooo...geto

12 komentar
  1. PuNkChOnOmIc Said,

    Kalu dikembangkan, bisa jadi teknologi baru untuk pesawat berbahan bakar minim, atau bahkan 0 dong nih??? hehehhe

    Posted on 6 April 2009 01.42

     
  2. kun Said,

    @ punkchonomic : wah...keren sob idenya...

    Posted on 18 April 2009 01.19

     
  3. andy Said,

    lanjutkan sob penelitiannya...terus dibagi-bagi deh biar bangsa ini tambah maju..sukses sob

    Posted on 19 April 2009 19.03

     
  4. dida Said,

    gw punya ide buwat melawan gaya grafitasi bumi, yaitu pakek gaya archimedes, jadi kalo badan kita masa jenisnya lebih kecil dari masa jenis udara maka tubuh kita akan melayang diudara. (masalahnya mungkin ga masajenis tubuh kita lebih kecil daripada masa jenis udara? itulah yang harus di pikirkan para dokter sekaran!! jangan maunya pakek ilmu2 lawas aja!!! HHAHA) :0 pis.... (ya pik ya...topik...)

    Posted on 21 April 2009 20.34

     
  5. Kautsar blog Said,

    nanti kok dah berhasil
    biar saya yang promosi
    trz kembangkan

    Posted on 15 Mei 2009 00.12

     
  6. Kautsar blog Said,

    koment balik ya sob!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1sob!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1sob!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1sob!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1sob!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1sob!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1sob!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1sob!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1sob!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1sob!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1sob!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1sob!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1sob!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1sob!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1sob!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1sob!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1sob!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1sob!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1sob!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1sob!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1sob!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1sob!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1sob!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1sob!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1sob!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

    Posted on 15 Mei 2009 00.13

     
  7. Wah... kalau berhasil, saya siap jadi marketernya...

    Posted on 7 September 2009 01.42

     
  8. Anonim Said,

    tete

    Posted on 8 Oktober 2009 00.53

     
  9. top, ditunggu postingan baru

    Posted on 30 November 2012 09.05

     
  10. Melawan gravitasi, berarti bisa terbang sendiri

    Posted on 22 Mei 2013 07.38

     
  11. susah banget melawan gravitasi

    Posted on 20 Juli 2013 21.52

     
  12. nice info sob...nambah nambah pengetahuan.
    lanjutkan gan

    Posted on 11 Oktober 2013 07.58

     

Posting Komentar

Kategori