Suiseki, Batu Air nan Memikat

Diposting oleh vic kun 10.07.2009

Istilah suiseki mungkin masih awam dengan telinga masyarakat Indonesia. Padahal, seni yang berkembang di Asia Timur ini sudah dikenal sejak 1.500 tahun silam. Bagi masyarakat Semenanjung Korea, Jepang,Taiwan, dan Amerika Serikat, seni batu ini hadir dengan berbagai nama. Di Korea, suiseki disebut seosok, yang artinya ‘batu berumur tua’. Di China, batu-batu ini akrab dipanggil shangshe,yang artinya ‘batu-batu indah’. Di Jepang sendiri disebut suiseki, yang artinya ‘batu air’. Sui dalam bahasa jepang berarti air dan seki berarti batu, di sebut batu air dikarenakan batu ini terbentuk oleh kekuatan kikisan air yang mengalir di sungai pegunungan selama ratusan bahkan ribuan tahun lamanya dan karena terpaan gelombang lautan.

Ada juga pendapat bahwa disebut suiseki karena batu ini sering di tampilkan pada “suiban” yang di dalam nya terdapat pasir halus dengan di genangi air untuk menambah kesan alami dari suiseki. Meski mempunyai banyak panggilan, pengertiannya tetap sama, yakni batuan bernilai seni tinggi yang tercipta secara alamiah akibat proses alam yang berhubungan dengan air. Dibentuk sepenuhnya oleh alam, sehingga menampilkan bentuk yang membawa imajinasi kita mengikuti bentuk dari batu ini. Selintas batuan suiseki terlihat biasa saja. Namun, jika diperhatikan secara seksama, batuan itu bisa berbentuk menyerupai kodok, anjing, ataupun orang yang tengah berciuman.



Sebagai seni yang berangkat dari proses alam, suiseki memang sangat bersandar pada ”keramahan” alam menciptakan batu indah.Menurut sejarahnya, perjalanan suiseki dimulai sejak 1.500 tahun lalu. Ketika itu para raja di China menginginkan pemandangan alam yang dapat dibawa ke istana mereka. Tujuannya agar mereka dapat menikmati pemandangan tersebut setiap hari sehingga mereka tidak perlu keluar istana. Dari situ dimulailah pencarian batubatu yang hanya dapat ditemukan di sungai atau puncak pegunungan.Batu-batu inilah yang kemudian dinamakan suiseki.

Tentunya batu-batu yang dicari tersebut bukan sembarang batu, melainkan batu unik, bentuknya bervariasi dan tidak direkayasa. Batu-batu ini sama sekali bukan buatan manusia. Disebabkan terkikis oleh air sungai,pasir,juga benturan serta gesekan selama jutaan tahun, maka terciptalah batuan suiseki. ”Persepsi orang dalam melihat bentuk batu yang berbeda membuat batu ini semakin istimewa. Itu juga tergantung seberapa jauh mereka dapat menikmati karya alam.

Suiseki memang identik dengan Jepang, China, dan Semenanjung Korea. Namun, bukan berarti Indonesia tidak punya batuan suiseki. Bagi penggemar suiseki, Indonesia justru adalah surganya. Iklim tropis dan kondisi alam yang memungkinkan batu-batu indah ini mudah ditemukan. Jadi, jangan heran kalau suiseki di Indonesia tidak kalah menarik dibanding suiseki dari Korea, Jepang, atau Taiwan.

20 komentar
  1. Apa kabar, sob? Lama tak berkunjung...

    Posted on 7 Oktober 2009 23.28

     
  2. ducky Said,

    kok tidak ada gambarnya sih, kun...

    unik agaknya, udah batu..air lagi.. tembus cahaya nih..

    Posted on 8 Oktober 2009 01.46

     
  3. IHSAN Said,

    wah saya kok baru tahu ada batu kaya gini

    tapi pakai gambar akan lebih paham tentang baru ini bos

    apa kabar?

    lama sekali saya ga' kesini ya?

    Posted on 8 Oktober 2009 02.32

     
  4. mel Said,

    Mel ga suka pake perhiasan dan batu batuan gitu,,,tp gak apa lah,,jd tahu skrg

    Posted on 8 Oktober 2009 19.21

     
  5. ALPICOLA Said,

    yaks,,keren bgt,,ajarin bikin welcome melayang layang dunk,,please,,,,,(muka memelas mode on)
    ^_^

    Posted on 8 Oktober 2009 19.22

     
  6. kun Said,

    @ mengembalikan jati diri : kabar q baik sob...cm lagi sibuk kul aj hehe...tmbah padet jadwal'a ^,^

    @ducky : iya...kmrin lum sempet kasih gmbar..nti q kasih dah...hehe mksud batu air tu batu yg terbentuk cz proses alami n pergerakan air...jadi bukan batu n air sndri2 ^,^

    @ ihsan : yoi sob...mampir trus ya...hehe

    @ mel : seni mang gak stiap orang mampu menikmatinya..

    @ alpicola : dah lama gak utak atik kode html jadi agak lupa...cri di mbah google aj ^,^

    Posted on 8 Oktober 2009 19.44

     
  7. IHSAN Said,

    wah gambarnya memang KEREN

    thanks ya dah ada gambarnya
    jadi tahu sekarang

    Posted on 9 Oktober 2009 03.01

     
  8. dila Said,

    wah baru tau yang kayak gini, bagus sekali info nya ,, thank ya.....di tunggu info selanjutnya

    Posted on 10 Oktober 2009 17.05

     
  9. denpry Said,

    bentuk dan warnanya amat unik...hih pingin banget aku merabanya...

    Posted on 15 Oktober 2009 21.29

     
  10. batunya kerennn... tapi yang ini lebih mirip apa ya? kodok, anjing, ato orang lg ciuman??

    Posted on 5 November 2009 13.55

     
  11. Miss Drive Said,

    Baru tahu sekarang pas baca artikel kalau ada batu Suiseki, padahal tuch batu udah dikenal 1.500 tahun yang lalu...ternyata masih banyak yang belum diketahui di alam ini.

    Posted on 19 Januari 2010 05.51

     
  12. seni alam yang indah, salam kenal dari myebookyourebook....

    Posted on 7 April 2011 17.11

     
  13. A word of appreciation for you. The art of doing of writing things is excellent. Keep posting articles like this....
    heathrow to w2 | minicab in w2

    Posted on 12 Maret 2013 23.55

     
  14. asri Said,

    wow batunya sangatt memikat bangettt

    Posted on 11 April 2013 17.47

     
  15. yadi Said,

    Mel ga suka pake perhiasan dan batu batuan gitu,,,tp gak apa lah,,jd tahu skrg

    Posted on 7 Mei 2013 01.48

     
  16. nice sharring infonya gan....sangat menarik

    Posted on 27 Mei 2013 19.02

     
  17. Tentunya harganya sangat mahal

    Posted on 7 Juni 2013 01.11

     
  18. saya juga baru tahu nih batu seperti ini, ini benar-benar ilmu baru buat saya, terimakasih ya, salam kenal dan salam sukses!

    Posted on 1 Agustus 2013 15.57

     
  19. keren batu airnya

    Posted on 4 Agustus 2013 18.59

     
  20. nice info sob...nambah nambah pengetahuan.
    lanjutkan gan

    Posted on 11 Oktober 2013 07.49

     

Posting Komentar

Kategori