Black Swan

Diposting oleh vic kun 5.23.2009

Black Swan merupakan sebuah simbol untuk sederet peristiwa yang langka dan tak terduga. Istilah Black Swan muncul dari asumsi bahwa 'semua angsa adalah putih'. Dalam konteks ini, seekor angsa hitam adalah sebuah metafora untuk sesuatu yang tidak mungkin ada. Ketika kita terbiasa hidup dalam keteraturan, namun dengan tiba-tiba "Black Swan" muncul dan mengguncang harapan kita.

Peristiwa "Black Swan" tersebut memiliki tiga sifat. Pertama, peristiwa itu merupakan suatu fenomena di luar kebiasaan karena belum pernah terjadi. Kedua, peristiwa ini mempunyai efek yang cukup besar. Ketiga, meskipun peristiwa ini merupakan suatu hal yang acak, manusia tetap berusaha untuk dapat membuat penjelasan-penjelasan atas apa yang telah terjadi sehingga menjadikannya tampak teratur dan dapat diperkirakan. Singkatnya, Black Swan merupakan istilah untuk menyebut peristiwa yang memiliki ketiga sifat tersebut.

Dua ciri utama dari Black Swan yaitu rendahnya perkiraan dan dampak yang besar menjadikannya sebuah misteri besar. Ketidakteraturan seringkali tidak dianggap meski memiliki dampak yang nyata dan besar. Orang-orang lebih tertarik pada hal kecil karena sifatnya pasti daripada memperhatikan ketidakteraturan. Kurangnya kesadaran masyarakat umum tentang ketidakteraturan di dalam Black Swan membuat beberapa pihak yang menganggap diri mereka ahli mengambil kesempatan untuk menjelaskan dan meramalkannya.

Padahal fenomena Black Swan tidak dapat diramalkan. Black Swan hanya dapat dipahami. Persiapan untuk menghadapi Black Swan hanya dapat dilakukan dengan membaca apa yang terjadi di sekitar kita, tidak dengan meramalkan terjadinya. Sifat Black Swan yang tidak dapat diperkirakan membuat kita perlu untuk beradaptasi dengan kehadirannya. Kita justru akan lebih siap mengahdapinya apabila kita tidak terikat pada fakta-fakta yang kita peroleh dari ilmu yang kita pelajari selama ini. Hal ini akan membuat kita lebih mudah menerima konsep yang jelas sekali berbeda dari apa yang selama ini kita yakini.

Namun tidak mudah memang untuk menerima itu semua. Sudah bawaan manusia untuk fokus pada apa yang diketahuinya. Akibatnya kita mempelajari apa yang pasti, bukan hal-hal umum di sekeliling kita. Kita akan menjawab fenomena di sekitar dengan ilmu yang kita miliki dulu. Kita tidak berusaha untuk memahaminya dengan sesuatu yang berbeda, sesuatu yang bebas nilai. Sulit untuk menerima ketidakteraturan sebagai suatu fakta. Itulah mengapa tak banyak ahli mencoba memahami ketidakteraturan dalam Black Swan.

29 komentar
  1. donalduck Said,

    yang ahli aja tidak banyak paham, apalagi duck imoet... hihi....

    tp ini contohnya yang lingkaran warna warni di sekeliling matahari itu yaaa

    Posted on 24 Mei 2009 19.27

     
  2. kun Said,

    @ donalduck : bukan cuma itu aja sob, tapi semua peristiwa yg langka n berdampak luas kayak tsunami aceh, krisis ekonomi, n lain'a

    Posted on 25 Mei 2009 00.41

     
  3. Li Said,

    hua...aq br denger Black Swan,
    makasih sgarenya ya.

    Posted on 25 Mei 2009 02.54

     
  4. Kautsar Said,

    black swan tu kan tidak terduga berarti

    " S U R P R I S E "

    Posted on 27 Mei 2009 05.59

     
  5. aRe_enD_bEE Said,

    wah...punya bukunya g sob...pengen bnget ntuh...g da doku, mo yg gratisan nie...

    Posted on 27 Mei 2009 20.39

     
  6. adiwid Said,

    wah ini,
    metafisika..!
    mantap bro!

    Posted on 28 Mei 2009 19.54

     
  7. Siipp...

    Mantap....

    Posted on 2 Juni 2009 00.16

     
  8. Kautsar Said,

    sekali yaa bos
    kapan postingan berikutnya

    Posted on 2 Juni 2009 18.03

     
  9. Fetra Said,

    nice info nih...blognya keren

    Posted on 4 Juni 2009 12.11

     
  10. andie Said,

    untung aja gue itam tapi ga angsa yah.
    halah. :D

    nice inpo sob!! :D

    Posted on 6 Juni 2009 10.23

     
  11. Kautsar Said,

    wah , ne yang ketiga sob

    Posted on 16 Juni 2009 00.33

     
  12. Kautsar Said,

    tambah lagi biar genap , jadi ke empat

    Posted on 16 Juni 2009 00.34

     
  13. Malice Said,

    baru denger tuh kata black swan. emang beneran ada?

    Posted on 1 Juli 2009 01.58

     
  14. Bisa gak mas kalo black swan itu disebut juga dengan Anomali

    Posted on 7 Juli 2009 08.51

     
  15. nita Said,

    agak2 mistis yah......
    aku sukanya swan goreng.....
    hehehehe

    Posted on 9 Juli 2009 02.30

     
  16. Kifni Said,

    wah....
    kadang emang ada sesuaitu yg diluar normaal..
    orang khususnya orang indonesia masih susah untuk itu...kayaknya,,,
    ___________________________________________________
    kiye bloge kifni|free software and computer tips|hardware and gadget area

    Posted on 15 Juli 2009 21.44

     
  17. Malice Said,

    ambil award di blog gw ya!

    Posted on 19 Juli 2009 12.07

     
  18. edelweis Said,

    sering sih mendengar istilah ini.
    Tetapi apa sama dengan mistis?

    Posted on 20 Juli 2009 07.57

     
  19. ducky Said,

    kun,sehat aja kan?
    raib kemana sih kun...

    Posted on 22 Juli 2009 01.19

     
  20. nindrianto Said,

    black swan ini juga mungkin mirip teorema fractal ya bos...bahwa di dalam keteraturan sebenarnya tersusun atas sejumlah ketidakteraturan. Dan ketidakteraturan juga pada akhirnya akan mencapai sebuah keteraturan juga....ini udah diaplikasikan secara teknik di peramalan gempa bos..sory jadi crita...hehe..mantaps bener artikelnya bos!

    Posted on 17 Agustus 2009 03.29

     
  21. wah baca informasi ini jadi semakin menambah ilmu pengetahuan nih...
    makasih dah berbagi sobat
    salam kenal sukses selalu
    Diktat Kuliah Manajemen

    Distance Learning Indonesia

    Posted on 10 Oktober 2009 04.00

     
  22. Baru tahu dech arti Black Swan yang sebenarnya, kirain dulu Black Swan itu cuma untuk sebutan Angsa Hitam aja, tidak arti kiasan lainnya, he..he...

    Posted on 21 Januari 2010 19.56

     
  23. thx, nice info gan

    Posted on 7 April 2011 17.56

     
  24. Artikel yang menarik .....

    Posted on 4 April 2013 11.23

     
  25. hartono Said,

    Posted on 9 Juli 2013 19.45

     
  26. nice info sob...nambah nambah pengetahuan.
    lanjutkan gan

    Posted on 11 Oktober 2013 07.50

     
  27. nice blog

    Posted on 11 November 2014 20.37

     
  28. happy blogging ..

    Posted on 11 November 2014 20.39

     
  29. stp biotech Said,

    tq blogg ...

    Posted on 11 November 2014 22.50

     

Posting Komentar

Kategori