Machu Picchu, Kota Berlapis Emas

Diposting oleh vic kun 2.19.2009

Salah satu dari 7 keajaiban dunia baru adalah Machu Picchu di Peru. Machu Picchu adalah kota berlapis emas yang dibangun di ketinggian 2.350 meter di atas permukaan laut, menantang gunung-gunung. Machu Picchu dibangun sekitar 1440 Masehi oleh pendiri kerajaan Inca Pachacutec Yupanqui. Machu Picchu merupakan simbol komunitas dan dedikasi.


Machu Picchu berarti 'gunung tua' dalam bahasa Indian setempat. Berdiri berabad-abad di tengah rimba Amazon, di hulu Sungai Urubamba. Machu Picchu menarik perhatian internasional ketika pertama kali ditemukan kembali oleh arkeolog Amerika Hiram Bingham pada tahun 1911. Muncullah berbagai teori mengenai puing-puing kota yang berdiri di atas perbukitan itu.



Beberapa peneliti percaya Machu Picchu adalah makam Pachacutec, karena terdapat bangunan-bangunan yang dilapisi emas. Beberapa peneliti lain berteori Machu Picchu adalah 'Ilacta' atau kota untuk mengontrol ekonomi daerah-daerah taklukan dan melindungi para bangsawan Inca.

Teori lainnya adalah Machu Picchu sebagai 'vila' para pembesar Inca, sekaligus sebagai tempat upacara pengamatan musim dan astrologi. Siluet gunung (Huayna Picchu atau 'gunung muda') yang berada di latar belakang Machu Picchu menunjukkan hidung orang Inca yang melihat ke langit.

Machu Picchu ini bertingkat-tingkat, semakin tinggi tingkatannya, semakin tinggi tingkat kekuasaan orang yang menempatinya. Di tempat tertinggilah tempat para pendeta Inca mengadakan upacara menghormati matahari setiap harinya.

Di wilayah itu terdapat sebuah batu seukuran piano yang disebut sebagai 'intihuatana' (tempat tambatan matahari). Batu ini sebagai jam matahari. Machu Picchu memiliki lahan pertanian yang luas untuk ditanami jagung, koka, dan mawar.

Bukti menunjukkan Machu Picchu ditinggalkan Inca ketika Spanyol memasuki daratan Amerika Selatan. Namun para ahli menduga wabah cacarlah yang menyebabkan Machu Picchu ditinggalkan. Lebih dari 50 persen populasinya terbunuh akibat wabah itu pada tahun 1527. Pemerintahan Inca pun jatuh, perang saudara berkecamuk. Ketika penakluk Spanyol Pizzaro tiba di Cuzco pada tahun 1532, Machu Picchu keburu menjadi kota hantu di atas awan.

7 komentar
  1. eko Said,

    keren

    Posted on 16 Maret 2009 21.27

     
  2. punkchonomic Said,

    Bukti kalau peradaban manusia sudah pernah begitu majunya di jaman lampau ya...

    Posted on 8 April 2009 01.29

     
  3. gsyah Said,

    wah,keren banget. kapan2 bareng yuk main ksana he...he...

    Posted on 12 April 2009 19.20

     
  4. kun Said,

    @ eko : yoi sob..
    @ punkchonomic : iya sob...peradapan dulu tu udah banyak yg maju cuma cz keserakahan manusia juga akhirnya rusak
    @ gsyah : mau donk sob....liburan ke sana hehe

    Posted on 18 April 2009 01.23

     
  5. Kapan ya bisa mengunjungi wisata dunia?

    Posted on 25 April 2009 06.18

     
  6. Salah satu kebesaran Tuhan

    Posted on 12 Mei 2013 01.56

     
  7. nice info sob...nambah nambah pengetahuan.
    lanjutkan gan

    Posted on 11 Oktober 2013 07.59

     

Posting Komentar

Kategori